Langsung ke konten utama

Kandungan Gizi dalam Tempe



Ada yang suka makan tempe ? Aku dan keluargaku suka banget makan tempe goreng apalagi kalo gorengnya pake tepung. Lebih guriihh :))

Tahu gak kalo dulunya tempe ini dianggap sebagai makanan kelas bawah, dan ini membuat banyak orang termasuk para peneliti penasaran karena ternyata orang yang sering makan tempe jarang sakit dan terlihat lebih awet muda. Setelah diselidiki ternyata tempe ini mengandung zat anti-oksidan sebagai pencegah penyakit degeneratif dan zat antibiotika untuk menyembuhkan berbagai infeksi.

Tempe ini juga sangat baik untuk melawan proses radikal bebas sehingga ini juga bisa menghambat terjadinya proses penuaan pada tubuh manusia. Sebenarnya komposisi tempe ini mulai dari protein, karbohidrat, lemak serta vitaminnya tidak begitu berbeda dengan kedelai, akan tetapi adanya enzim pencernaan yang dibuat oleh kapang tempe ini membuat zat-zat tersebut menjadi lebih mudah dicerna oleh tubuh  dibandingkan dengan kedelai itu sendiri. Nah untuk lebih memahami apa saja zat penting pada tempe, berikut ini adalah Kandungan Gizi dalam Tempe :

Mineral
Setiap 100 gram tempe terdapat berbagai zat mineral seperti besi sebanyak 9,39mg, tembaga sebanyak 2,87mg dan zink sebanyak 8,05mg. Mineral ini di dapat dari hasil penguraian asam fitat (zat yang mengikat mineral) oleh enzim fitase. Nah dengan terurainya zat asam fitat ini, maka akan lebih banyak kandungan mineral kalsium, besi, zink, dan magnesium yang bisa dimanfaatkan oleh tubuh.

Vitamin
Ada dua jenis vitamin yang ada dalam tempe yaitu yang larut dalam air dan yang larut dalam lemak. Kandungan vitamin B pada tempe sangatlah tinggi diantaranya vitamin B1 (Thiamin), vitamin B2 (Riboflavin), vitamin B6 (Piridoksin) serta Vitamin B12 (Sianokolobamin). Nah yang paling mencolok adalah vitamin B12 dan ini dikarenakan vitamin B12 kebanyakan hanya ada pada sumber makanan hewani saja dan hampir tidak ada pada makanan nabati. Sehingga inilah yang membuat tempe sebagai kasta teratas dari bahan makan nabati.  vitamin B12  yang ada pada tempe sekitar 1,5 – 6,3 mikrogram/100 gram yang sangat cukup memenuhi kebutuhan vitamin B12 anda tiap hari.

Lemak
Selain Vitamin dan Mineral, Kandungan Gizi dalam Tempe yang lain adalah Lemak. Saat proses fermentasi tempe terjadi peningkatan derajat “tidak jenuh” terhadap lemak, sehingga ini membuat asam lemak tidak jenuh yang majemuk bisa meningkat jumlahnya. Nah asam lemak tidak jenuh ini sendiri memiliki fungsi untuk menurunkan kandungan kolesterol serum sehingga ini dapat menetralkan segala efek negatif sterol yang ada di dalam tubuh anda.


(sumber: diet sehat & the maniax )


Komentar

  1. Saya dan Adik penyuka Tempe. Lebih tepatnya Mendoan, Mba. :)

    Meski harga mendoan naik, kami tetap suka nyemil2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama dong mb idah..aku jg suka mendoan..ojo lali lomboke hehehe...

      Hapus
  2. Idah wong Banjar ya pasti suka tempe selimut alias mendoan. hehe....
    aku dan keluarga juga sangat suka tempe. makanan satu ini adalah pelengkap paling enak.

    BalasHapus
  3. Gak ada yg bisa ngalahin tempe.. Makanan marmer tp kandungan gizi nya top markotp. I love tempe ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb..murah,enak & bergizi :)

      Hapus
  4. di Jepang tempe jadi makanan mahal Indonesia loh.. mantab deh..
    mak minta folbacknya ya :-) thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. folbek done..salam kenal ya mb :)

      Hapus
  5. Sukkaak banget, sampai belajar cara buat tempe dan berhasil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waahh..mb niken malah bisa bikin tempe..kpn2 ajarin dong mb :))

      Hapus
  6. aku cinta banget ma tempe mbak..
    salam kenal ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mb luluk salam kenal ya..trimakasih kunjungannya :)

      Hapus
  7. Tempe kalau dipotong tipis dan diberi tepung setengah mateng dengan sambal kecap itu nikmat banget. Tapi kalau potongannya tebal-tebal seperti itu paling hanya digoreng biasa, atau dibuat bacem, enak banget deh Mba. Makanan yang banyak mengandung gizi yang baik bagi kesehatan.

    Salam wisata

    BalasHapus
  8. di keluarga saya, tempe adalah lauk default untuk makan sehari-hari. kami semua suka tempe :)

    BalasHapus
  9. niar seneng banget tempe, apah lagi kalau di penyet makan nya panas2 gitu :D

    BalasHapus
  10. Great post :)
    Check out this new giveaway, summer clothes and $100 gift card!

    Your Princess is in Another Castle


    xx Sofie

    BalasHapus
  11. katanya tempe bisa bikin awet muda lhooo...
    :)

    BalasHapus
  12. aku juga suka tempe, bun. biasanya yang dibungkus pake daun lebih enak :D

    BalasHapus
  13. klau gtu mending kta mkan tempe dibndingkan yng laenny..

    BalasHapus
  14. jngan remehkan tempe ya tman2,karna kandungan giziny lbih bnyak loo

    BalasHapus

Posting Komentar

Mohon tidak berkomentar yang mengandung SARA, pornoaksi, judi dan provokasi.
Terimakasih sudah berkomentar dengan baik :)

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Air Kelapa Ijo

Aku pernah dengar dari beberapa teman tentang manfaat air kelapa hijau atau kalau dalam bahasa jawa sering disebut degan ijo. Kalau alergi atau keracunan minum degan ijo aja pasti sembuh. Tapi aku masih belum pernah mencobanya. Lalu saat anakku kulitnya merah-merah entah karena apa aku juga gak ngerti, tapi kata orang gabaken..hhmm..bhs indonesia gabaken apa yaa..?..hehe.. Ternyata bener setelah anakku minum air kelapa hijau merah-merah di kulitnya hilang lhoo...
Saat nenekku dirawat di rumah sakit dokter juga menyarankan nenekku untuk minum air kelapa hijau.
Hhmm..jadi ingin tahu tentang "air ajaib" ini.. :)


Pohon kelapa dan buahnya mempunyai sejarah panjang di Indonesia, bahkan merupakan lambang atau pengenal kepulauan Indonesia.
Bahkan dalam mitologi Hindu dan menurut Kitab Suci Weda, kelapa merupakan "pohon surgawi." Konon, Dewa Wisnu, membawa pohon kelapa sebagai sumber kesehatan, ketenangan, panjang usia, dan kedamaian.

Kelapa hijau merupakan salah satu je…

Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Tubuh

Suka sayur buncis? Sayur yang enak banget kalau ditumis dengan tahu ataupun dimasak sop ini ternyata mengandung zat yang banyak diperlukan untuk kesehatan tubuh, antara lain adalah Vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B6, B11, Vitamin C, Lemak, Protein, Kadar abu, Mangan, Molibdenum, Magnesium, Potasium, Zat besi, Fosfor, Kalsium, Tembaga, Karbohidrat, Serat kasar, dll.

Manfaat Sayur Kangkung

Tahu dong sayur kangkung ? Sayur murah meriah dan enaak banget kalau di tumis ini ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan lho..
Kangkung sebenarnya berasal dari wilayah India yang kemudian menyebar ke wilayah Asia, Australia dan Afrika. Penanaman kangkung dilakukan pada tempat yang basah seperti pada rawa atau permukaan lumpur. Kangkung sendiri merupakan tanaman yang dapat dengan cepat tumbuh sekitar 6 minggu penanaman, hasilnya sudah dapat dipanen.
Kandungan zat gizi kangkung tidak kalah dengan sayuran lainnya, seperti pada manfaat daun singkong atau pun manfaat daun pepaya. Sejumlah zat penting seperti vitamin A, C dan B kompleks, kalsium, fosfor dan zat besi terkandung dalam kangkung.