Langsung ke konten utama

Manfaat Ikan Lele


Pasti sudah tahu ikan berkumis nan berlendir ini ya. Anakku lagi suka banget kalau dimasakin ikan lele goreng tepung. Kalau lauknya ikan lele pakai acara nambah deh..hehehe..
Selain enak dan gurih ikan air tawar ini juga tak mahal harganya. Ditambah lagi ternyata ikan lele punya kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.



 Sehatkan Otak dan Jantung

Ikan yang terkenal dengan kandungan omega-3 dan omega-6 adalah ikan-ikan 'mahal' seperti salmon, makerel, ikan kod dan sebagainya. Padahal.. ikan lele yang dijual di pasar-pasar tradisional memiliki manfaat yang sama. Satu porsi ikan lele menyediakan 220 mg asam lemak omega-3 dan 875 asam lemak omega-6. American Heart Association bahkan menyarankan agar orang-orang memasukkan ikan lele dalam menu beberapa kali seminggu. Kedua nutrisi tersebut memang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan otak.

Penyedia Asupan Protein Yang Baik

Dalam satu porsi lele, tersedia 15,6 gram protein yang akan memenuhi semua kebutuhan asam amino yang dibutuhkan tubuh kita. Kualitas asam amino yang diberikan ikan lele adalah kualitas yang baik untuk membangun masa otot dan membangun meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Kita juga membutuhkan protein untuk menyediakan energi.

Sumber Vitamin B-12

Mengonsumsi satu porsi lele akan membuat kebutuhan vitamin B 12 yang dibutuhkan tubuh terpenuhi sebanyak 40 persen. Vitamin B 12 adalah nutrisi yang penting untuk membantu tubuh memecah makanan menjadi energi. Karena itu, asupan vitamin B 12 yang tercukupi akan membuat kita lebih bertenaga dan tidak membuat cepat lesu.

Rendah Merkuri

Isu ikan laut yang mengandung merkuri masih menghantui. Bahaya dari mengonsumsi makanan yang mengandung merkuri adalah pengaruhnya mengacaukan sistem saraf. Ikan lele biasanya dibudidayakan di perairan yang aman dari jangkauan merkuri, sehingga ikan ini cenderung aman dan rendah merkuri. Tak heran jika ikan lele dianjurkan untuk ibu hamil, karena tingginya tingkat merkuri dapat membahayakan janin.


Tips Menghilangkan Lendir pada Ikan Lele:

- Cuci bersih ikan lele pada air mengalir.
- Siapkan mangkok /wadah berisi air yang sudah dicampur garam & cuka secukupnya.
- Rendam ikan lele pada wadah tersebut sekitar 10 menit.
- Cuci kembali lele pada air mengalir.
- Lele siap dimasak.

Semoga bermanfaat :)




( sumber : Vemale.com & tribunews  )


Komentar

  1. Ikan lelel kalau gi goreng garing dan dikonsumsi dengan sambal dan lalapan, pada suasan udara yang dingin, mantap tuh Mba.


    Salam wisata

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..ikan lele goreng memang maknyoos kl digoreng dan "ditemenin" sambel :))

      Hapus
  2. walah, baru tahu saya kalau manfaat lele besar juga yah :D
    nice info mbak

    BalasHapus
  3. saya suka banget ikan lele,apalage kalo digoreng :D

    BalasHapus
  4. dulu pas ngekos sering makan, mak. skrg jarang nyari lele :D

    BalasHapus
  5. Wah...boleh neh bagi resep ikan lele tepungnya ;) Itu bisa crispy ga ya???

    BalasHapus
  6. Salah satu ikan yang bisa saya konsumsi dan saya suka adalah lele. senangnya bisa mengetahui manfaatnya :)

    BalasHapus
  7. kalau di masak kari juga enak ikan lele ini
    ikan lele di buat apa aja pasti enak bagi yang pengemar ikan lele

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo orang Aceh khusus untuk ikan air tawar dan jenis ikan karang memang punya resep yang cukup lezat... Daerah lain kebanyakan cuma bisa mengoreng atau memanggang...

      Hapus
  8. Suka dengan ikan lele. Sama, mbak kok anak saya juga suka lele goreng tepung *tos ^^

    BalasHapus
  9. masih ada lagi, karena Lele merupakan Ikan yg "bandel" sehingga dalam pembudidayaannya minimalis penggunaan antibiotika, sehingga not detected residu antibiotiknya

    BalasHapus
  10. Saya suka lele, tapi gak terlalu suka banget cuma buat selingan aja :D

    ini blog baru ya mbak, atau blog yg lainnya? hehehe

    BalasHapus
  11. Dulu serem aja sama ikannya. Setelah makan, wah ternyata enak :)

    BalasHapus
  12. ikan memang banyak mengandung protein dan rendah lemak, maka bagus sekali untuk anak-anak kita

    BalasHapus
  13. bagi anak sekolah ikan akan bermanfaat buat kecerdasan otaknya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Mohon tidak berkomentar yang mengandung SARA, pornoaksi, judi dan provokasi.
Terimakasih sudah berkomentar dengan baik :)

Pos populer dari blog ini

Manfaat Air Kelapa Ijo

Aku pernah dengar dari beberapa teman tentang manfaat air kelapa hijau atau kalau dalam bahasa jawa sering disebut degan ijo. Kalau alergi atau keracunan minum degan ijo aja pasti sembuh. Tapi aku masih belum pernah mencobanya. Lalu saat anakku kulitnya merah-merah entah karena apa aku juga gak ngerti, tapi kata orang gabaken..hhmm..bhs indonesia gabaken apa yaa..?..hehe.. Ternyata bener setelah anakku minum air kelapa hijau merah-merah di kulitnya hilang lhoo...
Saat nenekku dirawat di rumah sakit dokter juga menyarankan nenekku untuk minum air kelapa hijau.
Hhmm..jadi ingin tahu tentang "air ajaib" ini.. :)


Pohon kelapa dan buahnya mempunyai sejarah panjang di Indonesia, bahkan merupakan lambang atau pengenal kepulauan Indonesia.
Bahkan dalam mitologi Hindu dan menurut Kitab Suci Weda, kelapa merupakan "pohon surgawi." Konon, Dewa Wisnu, membawa pohon kelapa sebagai sumber kesehatan, ketenangan, panjang usia, dan kedamaian.

Kelapa hijau merupakan salah satu je…

Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Tubuh

Suka sayur buncis? Sayur yang enak banget kalau ditumis dengan tahu ataupun dimasak sop ini ternyata mengandung zat yang banyak diperlukan untuk kesehatan tubuh, antara lain adalah Vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B6, B11, Vitamin C, Lemak, Protein, Kadar abu, Mangan, Molibdenum, Magnesium, Potasium, Zat besi, Fosfor, Kalsium, Tembaga, Karbohidrat, Serat kasar, dll.

Manfaat Buah Kersen

Pohon kersen mempunyai buah berwarna merah  saat matang, dengan diameter sekitar 1,5 cm. Daging buah kersen halus dan memiliki rasa manis. Dan meski telah lama dikenal sebagai pohon yang bisa tumbuh liar di mana saja, kersen rupanya menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. .

1. Antibakteri
Menurut beberapa penelitian, kersen memiliki sifat antibakteri yang sebanding dengan antibiotik standar yang biasa digunakan dalam dunia medis. Para peneliti juga menemukan adanya senyawa antibakteri yang kuat dalam buah kersen.