Langsung ke konten utama

Manfaat Kulit Manggis


Berawal dari beberapa hari yang lalu aku mendapat bbm promo yang menawarkan sirup kulit manggis. Idiihh sirup dari kulit manggis apa enaknya & apa manfaatnya ya sampe segitunya dibikin sirup ?
Karena penasaran aku browsing tentang manfaat kulit manggis ini. Dan bener ternyata banyaakk banget manfaatnya. Yang belum tahu yuukk cari tahu disini :)

Manfaat Kulit manggis ternyata saat ini paling banyak dicari dan digunakan untuk dijadikan obat alternatif berbagai macam penyakit, serta dimanfaatkan dalam urusan kecantikan.
Memang ternyata buah manggis yang rasanya enak dan mengandung banyak manfaat, mempunyai fakta kalau kulitnya lah yang mempunyai manfaat lebih.


Kulit Manggis mempunyai kandungan senyawa xanthone yang saat ini banyak dikembangkan dan diproduksi dalam bentuk sirup, yang kemudian terkenal dengan nama sirup xanthone.
Sirup ini sangat terkeenal karena mengandung zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas. Beberapa penelitian menunjukkan, senyawa ini memiliki sifat sebagai antidiabetes, antikanker, anti peradangan, antibakteri, antifungi, antiplasmodial, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Di luar negeri kulit manggis dimanfaatkan sebagai suplement diet, antioksidan, dan anti kanker.
kasiat xanton bukan hanya antioksidan,tapi juga anti kanker. Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuahan sel kanker. Selain itu, esktra ini bersifat apoptosis, penghancur sel kanker.
xanton mampu merawat beberapa jenis kanker seperti kanker hati, pencernaan, paru-paru, Xanton dalam kulit manggis juga mampu mengatasi penyakit tuberkolosis (TBC), asma, leukemia, serta sebagai antiinflamasi dan antidiare. selain anti kanker dan antioksidan, juga mujarap untuk mengatasi jantung koroner dan meningkatkan daya tahan tubuh, terutama pengidap HIV/AIDS.
Hasil penelitian menunjukkan, ekstra kulit manggis  mempunyai aktivitaas melawan sel kanker payudara, lever, dan leukemia. Juga bisa digunakan sebagai antihistamin, antiinflamasi, menekan sistem saraf pusat, dan penurun tekanan darah tinggi.




 Manfaat Kulit Manggis 

Manfaat kulit manggis ini dikutip dari detik.com ada sekitar 75 manfaat yang dapat kita peroleh dari kulit manggis, jika kita rutin meminumnya. Asalkan telaten hasil yang maksimal pasti akan kita dapatkan,  diantaranya :

Untuk Kesehatan Tubuh  menyeluruh :
1. Memperkuat sistem kekebalan.
2. Menyembuhkan peradangan.
3. Memperbaiki komunikasi antar sel.
4. Mengagalkan kerusakan DNA.
5. Alat bantu sistem getah bening.
6. Memelihara optimal fungsi kelenjar gondok.
7. Mengurangi resistensi insulin.
8. Membantu penurunan berat badan.
9. Menyembuhkan kerusakan urat syaraf.
10. Menyeimbangkan sistem kelenjar endokrin.
11. Alat bantu dari sinergi tubuh.
12. Meringankan wasir.
13. Membantu menurunkan kadar gula dalam darah (hypoglycemia).
14. Meringankan penyakit kulit kemerah-merahan/bersisik (psoriasis).
15. Membantu menyembuhkan luka.
16. Meringankan sakit akibat carpal tunnel syndrome (penyakit yang terjadi pada pergelangan tangan serta jari yang disebabkan oleh tekanan yang sering terjadi pada bagian tersebut. Dan biasanya sering diakibatkan karena terlalu sering memakai keyboard dan mouse).
17. Menghilangkan penyakit kulit kering bersisik kronis (neurodermatitis). Kandungan anti peradangan dari manggis dapat mengurangi sisik dan gatal pada penyakit kulit.

Untuk Kesehatan Jantung :
18. Membantu mencegah penyakit jantung.
19. Memperkuat pembuluh darah.
20. Menurunkan kolesterol LDL.
21. Menurunkan tekanan darah tinggi.
22. Membantu mencegah arteriosclorosis.

Kesehatan Pencernaan :
23. Membantu mengatasi penyakit GERD (penyakit kronik yang ditandai dengan mengalirnya asam lambung ke dalam kerongkongan).
24. Membantu menyembuhkan borok/bisul.
25. Meringankan syndrome kelainan usus besar (IBS).
26. Membantu menghentikan diare.
27. Dapat meringankan peradangan usus besar ataupun kecil yang dikenal dengan Crohn`s disease.
28. Bisa mencegah salah satu penyakit radang usus besar (diverticulitis).

Membuat Lebih Awet Muda :
29. Menambah energi, meningkatkan kegembiraan dan menaikkan stamina.
30. Memperlambat proses penuaan.
31. Membantu menghindari penyakit kemerosotan pada otak (dementia & Alzheimer`s).
32. Membantu mencegah batu ginjal.
33. Membantu mencegah penyakit sistem syaraf (parkinson).
34. Meredakan sakit akibat radang sendi.
35. Memperbaiki kerusakan dari penggunaan obat penghilang rasa sakit (NSAID).
36. Alat bantu untuk mata.

Kesehatan keluarga :
37. Menurunkan demam.
38. Mengatasi keracunan makanan.
39. Menyembuhkan luka tenggorakan.
40. Membantu menyembuhkan sariawan.
41. Mengatasi sesak nafas.
42. Membantu mengurangi migran (sakit kepala sebelah).
43. Mengurangi sakit gigi.
44. Alat bantu tidur yang alami.
45. Meningkatkan kemampuan untuk mengatasi stess.
46. Meningkatkan mood dan menurunkan depresi.
47. Alat bantu kesehatan otot dan sendi.
48. Menghilangkan jerawat dan cacat pada kulit.
49. Menghilangkan bekas gigitan, terbakar dan keracunan.
50. Meringankan keseleo, ketegangan otot dan sendi.
51. Meringankan sakit perut.
52. Meringankan radang tenggorokan (bronchitis), pembengkakan paru-paru (emphysema), dan radang paru-paru (pneumonia).
53. Bekerja sebagai obat penghilang rasa sesak/mampat pada hidung (decongestant).

Kesehatan Pria :
54. Membantu mencegah kemandulan.
55. Membantu mencegah pembesaran prostat.

Kesehatan Wanita :
56. Meringankan kesulitan buang air kecil.
57. Sebagai obat pencuci perut yang lembut.
58. Meminimalkan gejala sakit sebelum menstruasi (PMS).
59. Meringankan gejala menopause.
60. Menurunkan pembengkakan saat menstruasi.
61. Meringkan sakit pada otot, ligamen, atau tendon (fibromyalgia).
62. Meringankan sakit akibat penyakit menurunnya kepadatan tulang/pengapuran tulang (osteoporosis).

Kesehatan Anak-Anak :
63. Membantu meringkan penyakit asma.
64. Bisa mencegah gangguan hyperaktif dan kurang perhatian (ADHD) dan alergi makanan.
65. Membentuk gigi dan tulang yang lebih kuat.

Mengatasi Penyakit :
66. Mencegah penyakit gusi.
67. Memberantas penyakit TBC.
68. Menurunkan efek samping ketidaktoleranan laktosa.
69. Membantu mencegah disentri.
70. Membantu mencegah penyakit sistem syaraf pusat (multiple sclerosis).
71. Bisa mencegah kanker.
72. Meringankan penyakit inflamasi kronik (peradangan menahun) yang menyerang struktur tulang belakang dan terutama sendi panggul (Ankylosing Spondylitis).
73. Membantu mencegah infeksi paru-paru dan pernafasan kronis (cyctic fibrosis).
74. Mencegah gejala yang berhubungan dengan penyakit lupus.
75. Mengurangi penyakit lemas otot yang parah (Myasthenia Gravis).

Sekedar warning saja kalau Kulit Buah Manggis juga mengandung kadar resin, tanin, serat kasar, dan komponen lainnya yang tidak dapat dicerna tubuh pada kadar tinggi. Sehingga kadang  muncul kasus akibat mengkonsumsi kulit buah manggis dalam bentuk tepung tanpa perlakuan yang baik, seperti Gangguan pada Kesehatan Ginjal dan usus serta pada organ tubuh lainnya, kalau muncul kasus seperti ini segera hantikan pemakaian dan hubungi dokter.
Sebaiknya anda mengkonsumsi sirup xanthone yang sudah jadi dan sudah ada lebel ijin produksi dan disetujui oleh dinas kesehatan.

Cara mengolah Kulit Manggis dengan cara sederhana :
pertama ,Cuci bersih kulit buah, lalu potong kulit 2 butir buah manggis. Kemudian potongan kulit manggis direbus dalam 4 gelas air, sampai tersisa 2 gelas. Air rebusan tersaring yang diminum secara rutin 2 - 3 kali sehari.

Cara mengolah Kulit manggis yang lain
Pembuatan sirup atau jus xanthone. 
•   Untuk menghasilkan ekstrak xanthone, kerok bagian dalam dari kulit buah segar,
•   Tambahkan dengan ethanol dan air dengan perbandingan 1:2.
•   Setelah diblender (dihancurkan), simpan selama 24 jam kemudian saring.
•   Untuk membuat sirupnya, campurkan ekstrak xanthone dengan madu , serta ekstrak rosella.
•  Lalu, panaskan pada suhu 90-95 derajat Celcius selama 10 menit agar kandungan alkohol dari ekstrak xanthone hilang.

Semoga bermanfaat :)




*sumber : Seputarwanitasehat.com



Komentar

  1. Wuiih baru tahu saya Mba manfaat kulit buah manggis ini. Biasanya habis makan manggis langsung buang aja. Sayang banget ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya aku jg baru tahu ini mas.. ^_^ *tooss

      Hapus
  2. Waaah, khasiatnya segudang...
    *Baru tahu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mb..bagus bgt utk kesehatan :)

      Hapus
  3. Ternyta kulit manggis punya banyak manfaat ya mbak? Saya baru tau
    Jaman dulu saya suka mainan kulit manggis. Diambil kulit dalamnya terus dihancurkan, kalau dikasih air jadinya mirip banget sama sambel pecel.

    BalasHapus
  4. wow bermanfaat banget
    sedih dua pohon manggis di kebun dekat rumah terpaksa ditebang, tinggal satu pohon lagi tersisak dan sedang berbuah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah asyik dong mas achoey py pohon manggis sendiri :)

      Hapus
  5. Saya juga sering dengar tentang manfaat dari kulit manggis ini, Mami.
    Tetapi untuk spesifikasinya baru tahu di sini. :)

    Kira2 kalau untuk mengurangi sakit gigi, kulit manggisnya diapain ya?
    Ditumbuk atau gimana? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahuku cara konsumsinya cm dibikin minuman/jus aja mb..

      Hapus
  6. iya.. sekarang istilah mendunia banget
    thanks to technology

    BalasHapus
  7. kyknya pahit deh kulit mangis :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl dibikin jus bs ditambahin gula mas ^_^

      Hapus
  8. Subhanalaah.... banyak sekali manfaatnya....
    Makasih banyak ya, Mbak, atas info yang penting ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2..trimakasih sdh berkunjung :)

      Hapus
  9. Alhamdulillah bagi yg menderita struma sy sarankan meminum air kulit manggis soalny sy pnderita struma yg harusnya d oprasi, stlah minum air manggis rutin 2 hr skali skg mulai mengecil tanpa hrs oprasi. Mdh2n brmanfaat info dr sy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah..subhanallah.. trimakasih infonya smg bermanfaat jg utk teman2 lainnya :)

      Hapus
  10. Dmana bisa memperoleh sirup kulit manggis?atau ekstrak kulit manggis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. skrg banyak bgt dijual di internet :)

      Hapus
  11. ijin berbagi kata motivasi yaa
    " janganlah kau buat kekeliruan sebagai sesuatu alasan, dikarenakan semestinya ia jadi motivasimu tuk terus mengambil langkah ke depan"
    thx :)

    BalasHapus
  12. ijin nyimak ya mas bro/sis, sukses selalu dan di tunggu kunjungan baliknya :D

    BalasHapus
  13. saya selalu berkunjung ke blog anda, tap knpa anda tidak pernah bekunjung balik di blog saya :(( . ga adil gong :(( . pokonya saya tunggu di blog sya yang masih baru :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh maaf bgt saya baru buka blog ini..jd baru tahu..
      segera meluncur :)

      Hapus
  14. wah benar2 postingannya sangat informatif banget :) sukses selalu y mbak ENny ;)

    BalasHapus
  15. memang banyak sekali manfaat dairi kulit manggis untuk itu jangan pernah menyepelekan kulit manggis. .terima kasih sobat sudah berbagi info!!!

    BalasHapus
  16. informasiny yang luar biasa memberikan manfaat terima kasih sudah berbagi . . .sukse selalu sobat!!

    BalasHapus
  17. biasanya klo aku abis makan manggis, kulitnya kubuang. ternyata ada manfaatnya juga ya, bun. subhnallah

    BalasHapus
  18. Allah menciptakan berbagai macam buah buahan di sekitar kita dengan berbagai macam kasiat buah-buahan yang terkandung didalamnya termasuk kasiat kulit manggis tersebut, trims infonya mbak :)

    BalasHapus
  19. salam kenal mbak enny,
    mo tanya nih, kulit manggis untuk pengobatan, mana yang lebih baik, bentuk kapsul atau masih dalam bentuk kulit manggis kering?

    BalasHapus

Poskan Komentar

Mohon tidak berkomentar yang mengandung SARA, pornoaksi, judi provokasi dan promosi.
Terimakasih sudah berkomentar dengan baik :)

Pos populer dari blog ini

Manfaat Air Kelapa Ijo

Aku pernah dengar dari beberapa teman tentang manfaat air kelapa hijau atau kalau dalam bahasa jawa sering disebut degan ijo. Kalau alergi atau keracunan minum degan ijo aja pasti sembuh. Tapi aku masih belum pernah mencobanya. Lalu saat anakku kulitnya merah-merah entah karena apa aku juga gak ngerti, tapi kata orang gabaken..hhmm..bhs indonesia gabaken apa yaa..?..hehe.. Ternyata bener setelah anakku minum air kelapa hijau merah-merah di kulitnya hilang lhoo...
Saat nenekku dirawat di rumah sakit dokter juga menyarankan nenekku untuk minum air kelapa hijau.
Hhmm..jadi ingin tahu tentang "air ajaib" ini.. :)


Pohon kelapa dan buahnya mempunyai sejarah panjang di Indonesia, bahkan merupakan lambang atau pengenal kepulauan Indonesia.
Bahkan dalam mitologi Hindu dan menurut Kitab Suci Weda, kelapa merupakan "pohon surgawi." Konon, Dewa Wisnu, membawa pohon kelapa sebagai sumber kesehatan, ketenangan, panjang usia, dan kedamaian.

Kelapa hijau merupakan salah satu je…

Manfaat Buah Kersen

Pohon kersen mempunyai buah berwarna merah  saat matang, dengan diameter sekitar 1,5 cm. Daging buah kersen halus dan memiliki rasa manis. Dan meski telah lama dikenal sebagai pohon yang bisa tumbuh liar di mana saja, kersen rupanya menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. .

1. Antibakteri
Menurut beberapa penelitian, kersen memiliki sifat antibakteri yang sebanding dengan antibiotik standar yang biasa digunakan dalam dunia medis. Para peneliti juga menemukan adanya senyawa antibakteri yang kuat dalam buah kersen.

Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Tubuh

Suka sayur buncis? Sayur yang enak banget kalau ditumis dengan tahu ataupun dimasak sop ini ternyata mengandung zat yang banyak diperlukan untuk kesehatan tubuh, antara lain adalah Vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B6, B11, Vitamin C, Lemak, Protein, Kadar abu, Mangan, Molibdenum, Magnesium, Potasium, Zat besi, Fosfor, Kalsium, Tembaga, Karbohidrat, Serat kasar, dll.