Langsung ke konten utama

Manfaat Seledri Untuk Kesehatan

sumber foto:organicfacts.net

Sayuran berwarna hijau dan beraroma khas ini biasanya untuk pelengkap masakan. Siapa sangka daun kecil ini mempunya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat seledri untuk kesehatan:

1. Menurunkan berat badan
Khasiat seledri yang pertama adalah dapat menjaga berat badan dari kelebihan yang menyebabkan kegemukan. Sayuran yang satu ini mengandung banyak gizi alami tanpa kalori sehingga tidak akan membuat berat badan Anda melonjak naik. Cocok untuk membantu diet program.

2. Mencegah kolesterol tinggi

Khasiat seledri juga bagus dalam mencegah kolesterol yang tinggi. Sayuran ini memiliki kandungan nutrisi yang akan membuat kolesterol berkurang sehingga tidak terserang penyakit komplikasi yang membahayakan kesehatan. Selain itu juga dapat membuat tubuh lebih sehat.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Khasiat seledri dengan kandungan vitamin C berfungsi dalam menjaga daya tahan tubuh agar tetap bekerja dengan optimal dalam melawan serangan penyakit. Penyakit yang mudah menular dari virus maupun bakteri dapat dicegah dengan mudah. Gabungkanlah sayur ini dengan sayuran lain untuk hasil yang lebih optimal.

4. Menjaga metabolisme tubuh

Manfaat seledri dapat membantu menjaga metabolisme tubuh agar tetap seimbang. Metabolisme yang baik akan membuat tubuh lebih sehat. Selain membuat keseimbangan sistem dalam tubuh membaik, sayuran ini juga akan mencegah penurunan kinerja metabolisme tubuh.

5. Anti oksidan alami

Manfaat seledri yang juga penting untuk kesehatan yaitu mencegah efek radikal bebas. Kandungan anti oksidannya akan membuat tubuh terlindungi dari efek negative paparan radikal bebas. Perlu diketahui bahwa banyak penyakit timbul disebabkan oleh radiasi ini.

6. Menenangkan pikiran

Kegunaan lain dari seledri terutama dalam menyehatkan psikis yaitu dapat membuat pikiran jauh lebih tenang. Sayuran ini akan mencegah munculnya depresi maupun stress yang sering melanda pikiran. Kesehatan fisik pun juga akan ikut terjaga.

7. Melancarkan saluran kemih

Siapa sangka jika seledri juga baik untuk membuat saluran kemih jauh lebih lancar. Kelebihan sayuran ini juga akan meningkatkan perlindungan pada saluran kemih dari kotoran yang mengancam, terutama dari kuman yang sering menimbulkan penyakit.

8. Baik untuk kesehatan tulang

Seledri mengandung banyak kalsium, yaitu zat aktif yang mendukung kesehatan tulang. Konsumsi sayuran ini dengan teratur akan membuat tulang menjadi lebih kuat dan sehat. Jangan lupa untuk mengatur pola makan dengan menambah jenis sayuran sehat lainnya.

9. Menyehatkan gigi

Tidak hanya tulang, seledri juga bermanfaat untuk membuat gigi lebih sehat. Terkadang menyikat gigi saja tidaklah cukup. Kita juga perlu mengonsumis banyak makanan sehat. Jenis makanan yang kita kunyah dengan gigi akan menentukan kesehatan gigi itu sendiri.

10. Mempercepat sembuhnya luka

Jika kita makan seledri dengan rutin, maka tubuh akan memiliki lebih banyak kemampuan dalam membuat luka di kulit cepat sembuh. Sayuran ini dapat membantu proses penyembuhan luka lebih cepat sehingga kulit tidak akan mudah terinfeksi dan rusak.

Semoga bermanfaat :)

(sumber: khasiat.co)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat & Bahaya Minum Kopi

Ada yang suka minum kopi ?.. Aku & papito setiap pagi minum kopi susu, gak fanatik sama satu merk kopi. Yaa yang lagi ada aja diminum..hehe. Eh tahu gak kalau minum kopi secara bijak dan tidak berlebihan manfaatnya akan kita dapatkan. Batas wajar konsumsi kafein adalah 300 mg perhari atau setara dengan sekitar 3 cangkir kopi. Usahakan minum kopi maksimal 3 cangkir perhari atau kalau bisa di bawahnya. Cara lain aman minum kopi adalah coba tambahkan susu rendah lemak. Dan jangan lupa cukupi kebutuhan minnum air putih 8 gelas perhari untuk detoksifikasi dan mengencerkan darah.

Manfaat Kulit Manggis

Berawal dari beberapa hari yang lalu aku mendapat bbm promo yang menawarkan sirup kulit manggis. Idiihh sirup dari kulit manggis apa enaknya & apa manfaatnya ya sampe segitunya dibikin sirup ? Karena penasaran aku browsing tentang manfaat kulit manggis ini. Dan bener ternyata banyaakk banget manfaatnya. Yang belum tahu yuukk cari tahu disini :) Manfaat Kulit manggis ternyata saat ini paling banyak dicari dan digunakan untuk dijadikan obat alternatif berbagai macam penyakit, serta dimanfaatkan dalam urusan kecantikan. Memang ternyata buah manggis yang rasanya enak dan mengandung banyak manfaat, mempunyai fakta kalau kulitnya lah yang mempunyai manfaat lebih.

Manfaat Ikan Lele

Pasti sudah tahu ikan berkumis nan berlendir ini ya. Anakku lagi suka banget kalau dimasakin ikan lele goreng tepung. Kalau lauknya ikan lele pakai acara nambah deh..hehehe.. Selain enak dan gurih ikan air tawar ini juga tak mahal harganya. Ditambah lagi ternyata ikan lele punya kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.