Langsung ke konten utama

Telur Ayam

Bahan makanan yang dihasilkan ayam ini selalu ada di dalam kulkasku.Karena selain mudah didapat telur juga praktis untuk dimasak apa saja.Bikin telur dadar,nasi goreng,mi goreng,martabak,bahkan untuk membuat roti juga butuh telur :)
Tapi tahu nggak sebenarnya apa saja manfaat telur ?..




Manfaat telur ayam:
  1. mempunyai kandungan gizi yang cukup lengkap. gizi yang terkandung di dalam telur ayam per 100 gram-nya memiliki kandungan 174 kalori, 10,8 gram protein, 4,9 miligram zat besi, dan 61,5 gram retinol atau biasa disebut sebagai vitamin A. jadi bisa dibilang makan telur ayam sangat bermanfaat untuk anak-anak yang lagi di masa pertumbuhan
  2. membantu mengembalikan stamina tubuh. karena kandungan protein yang cukup jadi telur ayam bagus buat yang sudah seharian capek beraktivitas.
  3. dapat membantu menyembuhkan penyakit jantung koroner, kencing manis, sakit di usus besar, atau maag.
  4. protein sempurna untuk otot. protein putih telur punya nilai biologis atau BV (bilogical value) yang paling tinggi kandungannya.
  5. mengurangi berat badan. sarapan pakai telur ayam bisa memberikan tenaga untuk tubuh dan untuk membakar lemak dan kalori sambil membentuk otot. Sebuah penelitian di Pennington Biomedical Research Center membuktikan bahwa mereka yang mengonsumsi dua putih telur setiap pagi, berat badannya berkurang hingga 65% dan merasa lebih berenergi, daripada mereka yang hanya mengonsumsi roti biasa. 
Telur ayam paling bagus bagi penderita anemia defisiensi besi yang mengalami radang. Namun dianjurkan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi telur tapi cukup 1 butir/hari, karena kuning telur juga mengandung kolesterol yang tidak baik untuk dikonsumsi terlalu banyak.


Tips memilih telur yang baik:

- Pilihlah telur ayam yang kulitnya bersih.
- Coba guncangkan/kocok telur, sebelum kamu memutuskan untuk membelinya. Telur yang baik tidak akan berbunyi, begitupun sebaliknya. Jika berbunyi, maka berkemungkinan bahwa telur tersebut sudah kurang bagus.
- Pilihlah telur yang tidak bau. Karena telur yang telah busuk memiliki bau yang tidak sedap, dan ada sebagian orang bilang, bau busuk dari dalam telur biasanya dapat tercium dari luarnya.
- Pilihlah telur yang berbentuk lonjong. Biasanya, telur yang berbentuk lonjong memiliki kuning telur yang lebih banyak jika di bandingkan dengan telur yang berbentuk agak bulat.
- Rendam di dalam air. Telur yang baik akan tenggelam, sedangkan telur yang sudah kurang bagus akan mengapung. Hal ini untuk lebih memastikan dalam memilih telur yang baik ketika kamu hendak mengolah/memasak telur di rumah dalam jumlah yang banyak. Karena sangat disayangkan jika telur-telur yang telah kamu masak ternyata ada salah satu atau beberapa yang tidak baik/busuk diantara telur lainnya.

nah..selamat makan telur ya :)

Komentar

  1. Telur selalu harus tersedia di kulkas.
    Selalu saja dibutuhkan tiap hari.

    Trims artikelnya informatif sekali.
    Smg tdk salah lagi memilih telur aah...

    BalasHapus

Posting Komentar

Mohon tidak berkomentar yang mengandung SARA, pornoaksi, judi dan provokasi.
Terimakasih sudah berkomentar dengan baik :)

Pos populer dari blog ini

Manfaat Air Kelapa Ijo

Aku pernah dengar dari beberapa teman tentang manfaat air kelapa hijau atau kalau dalam bahasa jawa sering disebut degan ijo. Kalau alergi atau keracunan minum degan ijo aja pasti sembuh. Tapi aku masih belum pernah mencobanya. Lalu saat anakku kulitnya merah-merah entah karena apa aku juga gak ngerti, tapi kata orang gabaken..hhmm..bhs indonesia gabaken apa yaa..?..hehe.. Ternyata bener setelah anakku minum air kelapa hijau merah-merah di kulitnya hilang lhoo...
Saat nenekku dirawat di rumah sakit dokter juga menyarankan nenekku untuk minum air kelapa hijau.
Hhmm..jadi ingin tahu tentang "air ajaib" ini.. :)


Pohon kelapa dan buahnya mempunyai sejarah panjang di Indonesia, bahkan merupakan lambang atau pengenal kepulauan Indonesia.
Bahkan dalam mitologi Hindu dan menurut Kitab Suci Weda, kelapa merupakan "pohon surgawi." Konon, Dewa Wisnu, membawa pohon kelapa sebagai sumber kesehatan, ketenangan, panjang usia, dan kedamaian.

Kelapa hijau merupakan salah satu je…

Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Tubuh

Suka sayur buncis? Sayur yang enak banget kalau ditumis dengan tahu ataupun dimasak sop ini ternyata mengandung zat yang banyak diperlukan untuk kesehatan tubuh, antara lain adalah Vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B6, B11, Vitamin C, Lemak, Protein, Kadar abu, Mangan, Molibdenum, Magnesium, Potasium, Zat besi, Fosfor, Kalsium, Tembaga, Karbohidrat, Serat kasar, dll.

Manfaat Buah Kersen

Pohon kersen mempunyai buah berwarna merah  saat matang, dengan diameter sekitar 1,5 cm. Daging buah kersen halus dan memiliki rasa manis. Dan meski telah lama dikenal sebagai pohon yang bisa tumbuh liar di mana saja, kersen rupanya menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. .

1. Antibakteri
Menurut beberapa penelitian, kersen memiliki sifat antibakteri yang sebanding dengan antibiotik standar yang biasa digunakan dalam dunia medis. Para peneliti juga menemukan adanya senyawa antibakteri yang kuat dalam buah kersen.