Langsung ke konten utama

Ternyata Buah Durian Bisa Jadi Obat


Hampir semua orang suka buah yang kulitnya berduri ini.Aromanya khas menusuk hidung saat musim buah durian tiba.Karena pasti di pinggir-pinggir jalan banyak orang berjualan durian.Dan...siap-siap deh kalau musim durian tiba karena suamiku pulang kantor sering bawa buah berduri ini.Alamat seisi rumah akan penuh aromanya.Aku dan anakku hanya bisa menahan hidung, karena seisi rumah yang suka durian cuma suamiku..hehehe..
Suatu hari aku membaca sebuah artikel tentang buah durian yang ternyata bermanfaat bagi tubuh bila tidak dikonsumsi berlebihan.Dan aku ingin membagi pengetahuan baruku ini dengan teman-teman..semoga bermanfaat ya :) 




Durian atau Duren (istilah Jawa), Duriang (istilah Manado), Dulian (istilah Toraja), dan Rulen (istilah Seram Timur) adalah tanaman liar yang kemudian banyak di budidayakan karena selain Buah Durian rasanya enak, buah durian juga sangat bermanfaat.
Tanaman durian diduga berasal dari hutan Malaysia, Sumatra, dan Kalimantan. Durian sudah dikenal sejak abad 7 M.




Durian paling banyak me­ngandung karbohidrat, lemak, dan protein. Tak cuma itu, zat­ zat lain seperti serat, kalsium, asam folat, magnesium, zinc . dan besi juga ada di dalamnya.
Bayangkan saja dalam 100 gram durian terkandung 147 Kkal. Itu artinya ketika sese­orang makan 1 kg durian, jum­lah kalori yang is dapatkan 1.470 Kkal atau sudah seban­ding dengan porsi makanannya selama satu hari. Durian juga banyak mengandung gula meski ada kandung mangan yang bisa menjaga kadar gula tetap stabil. Bagi ibu hamil, durian diyakini tidak baik karena me­ngandung banyak gula dan se­dikit alkohol.
Meski belum ada penelitian yang membuktikan bahwa du­rian memicu kontraksi dan ke­guguran, ibu hamil selalu dianjurkan untuk tidak terlalu ba­nyak makan buah ini.Gangguan pencernaan juga bisa terjadi jika durian dikon­sumsi bersama dengan minu­man beralkohol. Penelitian di University of Tsukuba, Jepang bahkan membuktikan kandu­ngan sulfur pada durian bisa menghambat metabolisme alkohol dan bisa memicu ke­matian.




Ternyata durian juga banyak manfaatnya yang tidak hanya didapatkan dari daging buahnya tapi kulit dan daunnya juga berguna.
Kulitnya bisa untuk mengusir nyamuk dan mengobati  kurap sementara daunnya ba­nyak dipakai sebagai ramuan penurun panas
Namun karena tidak banyak orang yang mengonsumsi daun durian apalagi kulitnya, manfaat dari daging buah du­rian yang lezat tentu lebih mu­dah didapatkan.

Berikut ini ada­lah beberapa penyakit yang bisa diatasi dengan makan buah durian yang tidak terla­lu banyak.
  1. Mengatasi sembelit karena ba­nyak mengandung serat
  2. Mengatasi anemia karena me­ngandung folat atau Vita­min B9 yang dibutuhkan un­tuk mempruduksi sel darah merah
  3. Menjaga kesehatan kulit karena mengandung VitaminC – yangberfungsi sebagaianti o­Ksidan dan anti penuaan
  4. Mengandung banyak potasium atau kalsium sehingga baik untuk kesehatan tulang dan persendian
  5. Asal tidak dimakan berlebihan, kandungan mangaan dalam durian bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil
  6. Mengandung senyawa tembaga yang bisa menjaga ke­sehatan kelenjar timid
  7. Menjaga nafsu makankarena banyak mengandung thia­min atau Vitamin Bl
  8. Mengatasi Migrain me­ngandung senyawa riboflavin atau Vitamin B2
  9. Meredakan stres dan menga­tasi depresi karena mengan­dung Vitamin B6 atau piri­doksin
  10. Menjaga kesehatan gigi dan mulut karena mengandung posphor. 
Tapi jika setelah makan durian menjadi tidak enak badan, coba cek lagi berapa ba­nyak durian yang sudah dimak­an dan apa saja teman makan duriannya sehingga memicu tak enak badan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Air Kelapa Ijo

Aku pernah dengar dari beberapa teman tentang manfaat air kelapa hijau atau kalau dalam bahasa jawa sering disebut degan ijo. Kalau alergi atau keracunan minum degan ijo aja pasti sembuh. Tapi aku masih belum pernah mencobanya. Lalu saat anakku kulitnya merah-merah entah karena apa aku juga gak ngerti, tapi kata orang gabaken..hhmm..bhs indonesia gabaken apa yaa..?..hehe.. Ternyata bener setelah anakku minum air kelapa hijau merah-merah di kulitnya hilang lhoo...
Saat nenekku dirawat di rumah sakit dokter juga menyarankan nenekku untuk minum air kelapa hijau.
Hhmm..jadi ingin tahu tentang "air ajaib" ini.. :)


Pohon kelapa dan buahnya mempunyai sejarah panjang di Indonesia, bahkan merupakan lambang atau pengenal kepulauan Indonesia.
Bahkan dalam mitologi Hindu dan menurut Kitab Suci Weda, kelapa merupakan "pohon surgawi." Konon, Dewa Wisnu, membawa pohon kelapa sebagai sumber kesehatan, ketenangan, panjang usia, dan kedamaian.

Kelapa hijau merupakan salah satu je…

Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Tubuh

Suka sayur buncis? Sayur yang enak banget kalau ditumis dengan tahu ataupun dimasak sop ini ternyata mengandung zat yang banyak diperlukan untuk kesehatan tubuh, antara lain adalah Vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B6, B11, Vitamin C, Lemak, Protein, Kadar abu, Mangan, Molibdenum, Magnesium, Potasium, Zat besi, Fosfor, Kalsium, Tembaga, Karbohidrat, Serat kasar, dll.

Kenal Phaseolus Radiatus Linn ?

Pasti banyak yang nggak kenal ya kalau ditanya Phaseolus Radiatus, tapi kalau kacang hijau pasti tahu semua kan..^^  Yup ! Phaseolus Radiatus adalah nama latin dari kacang hijau. Bila menyebut kacang hijau yang terbayang adalah bubur kacang hijau, pia kacang hijau, onde-onde..hhmm...kesukaanku semua nih... hehehe
Tapi tahu nggak ternyata banyak manfaat dari kacang hijau untuk kesehatan kita ?

Protein Tinggi
Kacang hijau mengandung protein tinggi, sebanyak 24%. Dalam menu masyarakat sehari-hari, kacang-kacangan adalah alternatif sumber protein nabati terbaik. Secara tradisi, ibu-ibu hamil sering dianjurkan mengonsumsi kacang hijau agar bayi yang dilahirkan mempunyai rambut lebat. Pertumbuhan sel-sel tubuh termasuk sel rambut memerlukan gizi yang baik terutama protein, dan karena kacang hijau kaya akan protein maka keinginan untuk mempunyai bayi berambut tebal akan terwujud.

Kalsium  dan fosfor
Kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat tulang.

Lemak…