Langsung ke konten utama

Manfaat Kacang Panjang Untuk Kesehatan


Kacang panjang merupakan salah satu sayuran yang sangat sering sekali kita jumpai dan sering sekali digunakan sebagai bahan utama masakan ataupun digunakan sebagai lalapan. Kacang panjang ini sangat mudah ditemukan terutama di kawasan Asia, yaitu Indonesia. Selain mudah ditemukan, kacang panjang merupakan salah satu sayuran yang sangat mudah sekali untuk diolah menjadi berbagai macam makanan sehat dan bergizi. Itu karena kacang panjang memiliki manfaat dan khasiat yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan tubuh kita.


MANFAAT KACANG PANJANG

Berikut adalah beberapa manfaat kacang panjang yang bisa kita dapatkan bila rajin mengonsumsinya:

1. Mengendalikan kadar gula darah.
2. Mengatasi hipertensi.
3. Membantu memperkecil resiko terkena penyakit stroke.
4. Mencegah serangan jantung.
5. Meningkatkan fungsi organ pencernaan.
6. Mengurangi resiko terserang penyakit kanker.
7. Membantu mengatasi sembelit.

Khasiat Kacang Panjang

Selain beberapa manfaat kacang panjang diatas, masih ada beberapa manfaat dan khasiat dari mengkonsumsi kacang panjang ini, seperti membantu mengobati rematik, arthritis dan gangguan saluran kemih, mengatasi diare, gangguan penyakit ginjal dan mengurangi gatal - gatal.
Dan untuk kecantikan, mampu menjaga kulit dari jerawat dan penyembuhan luka bakar. Untuk mengkonsumsi kacang panjang ini, anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam makanan seperti oseng – oseng kacang, sebagai lalapan, dan beberapa campuran masakan bergizi lainnya. Itulah beberapa manfaat dan khasiat yang bisa kita dapatkan dengan mengkonsumsi kacang panjang ini secara teratur setiap hari.

(sumber  : www.thecrowdvoice.com/ )


Komentar

  1. Ibuku sering masak sayur dicampur kacang ini, bun. Enak kalo ditumis, trus campur sambal. :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Mohon tidak berkomentar yang mengandung SARA, pornoaksi, judi dan provokasi.
Terimakasih sudah berkomentar dengan baik :)

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Air Kelapa Ijo

Aku pernah dengar dari beberapa teman tentang manfaat air kelapa hijau atau kalau dalam bahasa jawa sering disebut degan ijo. Kalau alergi atau keracunan minum degan ijo aja pasti sembuh. Tapi aku masih belum pernah mencobanya. Lalu saat anakku kulitnya merah-merah entah karena apa aku juga gak ngerti, tapi kata orang gabaken..hhmm..bhs indonesia gabaken apa yaa..?..hehe.. Ternyata bener setelah anakku minum air kelapa hijau merah-merah di kulitnya hilang lhoo...
Saat nenekku dirawat di rumah sakit dokter juga menyarankan nenekku untuk minum air kelapa hijau.
Hhmm..jadi ingin tahu tentang "air ajaib" ini.. :)


Pohon kelapa dan buahnya mempunyai sejarah panjang di Indonesia, bahkan merupakan lambang atau pengenal kepulauan Indonesia.
Bahkan dalam mitologi Hindu dan menurut Kitab Suci Weda, kelapa merupakan "pohon surgawi." Konon, Dewa Wisnu, membawa pohon kelapa sebagai sumber kesehatan, ketenangan, panjang usia, dan kedamaian.

Kelapa hijau merupakan salah satu je…

Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Tubuh

Suka sayur buncis? Sayur yang enak banget kalau ditumis dengan tahu ataupun dimasak sop ini ternyata mengandung zat yang banyak diperlukan untuk kesehatan tubuh, antara lain adalah Vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B6, B11, Vitamin C, Lemak, Protein, Kadar abu, Mangan, Molibdenum, Magnesium, Potasium, Zat besi, Fosfor, Kalsium, Tembaga, Karbohidrat, Serat kasar, dll.

Kenal Phaseolus Radiatus Linn ?

Pasti banyak yang nggak kenal ya kalau ditanya Phaseolus Radiatus, tapi kalau kacang hijau pasti tahu semua kan..^^  Yup ! Phaseolus Radiatus adalah nama latin dari kacang hijau. Bila menyebut kacang hijau yang terbayang adalah bubur kacang hijau, pia kacang hijau, onde-onde..hhmm...kesukaanku semua nih... hehehe
Tapi tahu nggak ternyata banyak manfaat dari kacang hijau untuk kesehatan kita ?

Protein Tinggi
Kacang hijau mengandung protein tinggi, sebanyak 24%. Dalam menu masyarakat sehari-hari, kacang-kacangan adalah alternatif sumber protein nabati terbaik. Secara tradisi, ibu-ibu hamil sering dianjurkan mengonsumsi kacang hijau agar bayi yang dilahirkan mempunyai rambut lebat. Pertumbuhan sel-sel tubuh termasuk sel rambut memerlukan gizi yang baik terutama protein, dan karena kacang hijau kaya akan protein maka keinginan untuk mempunyai bayi berambut tebal akan terwujud.

Kalsium  dan fosfor
Kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat tulang.

Lemak…