Langsung ke konten utama

Manfaat Telur Puyuh untuk Kesehatan



Ada yang suka telur puyuh ? Zidan lagi suka banget telur puyuh rebus apalagi ku campur dalam mie goreng pipih plus sawi putih. Dijamin pasti habis :))
Telur puyuh yang imut ini ternyata selain enak juga mengandung banyak manfaat, lho..

Berikut manfaat telut puyuh untuk kesehatan :

1. Dengan berat 10 gram hingga 12 gram, satu butir telur puyuh berisi banyak unsur yang dibutuhkan agar tubuh menjadi sehat. Nilai gizi telur puyuh tiga hingga empat kali lebih tinggi dibandingkan dengan telur ayam, yang memiliki berat 50 hingga 70 gram per butir.

2. Telur puyuh mengandung 13 persen protein, telur ayam hanya 11 persen.

3. Telur puyuh mengandung 140 mu-g vitamin B1, bandingkan dengan 50 mu-g yang ada di telur ayam.

4. Kandungan vitamin A dan B2 telur puyuh dua kali telur ayam.

5. Telur puyuh memiliki zat besi dan potasium lima kali lebih banyak daripada telur ayam. Karena kandungan tersebut, telur puyuh masuk dalam kategori dietary food.

6. Bagusnya telur puyuh tidak memiliki kolesterol jahat (LDL) dan sangat kaya dengan kolesterol baik (HDL).

7. Telur puyuh tidak menyebabkan alergi. Malah, telur puyuh bisa membantu mengatasi gejala alergi. Mereka memiliki yang namanya protein ovomucoid, yang dipakai untuk produksi obat antialergi.

8. Telur puyuh dapat dimakan mentah.
Tentunya, setelah telur tersebut dicuci dalam air panas. Tidak perlu khawatir tentang adanya Salmonella karena suhu tubuh burung puyuh lebih tinggi daripada ayam sehingga Salmonella tidak dapat hidup.

9. Dalam artikel dari situs Gout Pain, disebutkan bahwa penderita asam urat sama sekali tidak dilarang makan telur, termasuk telur puyuh. Itu karena telur mengandung unsur purin yang rendah.
Meski demikian, jumlah konsumsinya harus dibatasi. Untuk telur ayam, hanya tiga butir per pekan, disesuaikan pula untuk konsumsi telur puyuh. (Terkait dengan asam urat – admin).

10. Merupakan kebiasaan bagus untuk mengonsumsi 3-5 butir telur puyuh setiap pagi. Itu gunanya untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan memperbaiki proses metabolisme. Setelah 3-4 bulan rutin makan telur puyuh, tubuh akan terasa selalu berenergi.

11.Telur puyuh mengandung 0,9 mg riboflavin dan vitamin B2 yang berguna untuk menutrisi kulit. Selain itu juga mengandung antioksidan yang dapat membuang racun pada kulit dan sel-sel kulit. Juga membuat kulit jadi halus dan terawat. Karena itu dianjurkan untuk mengkonsumsi telur puyuh sekitar 3-5 butir per hari. 

12.Sedangkan kandungan vitamin A, B dan E di dalamnya baik untul menutrisi rambut agar lebih berkilau dan tebal.

13. Selain protein, lemak, vitamin, dan mineral, telur puyuh juga kaya akan kolin yang berperan penting dalam tubuh untuk perkembangan fungsi otak. Hal tersebut berkaitan dengan peran kolin sebagai komponen asetilkolin yang berfungsi sebagai pengantar sinyal saraf.

14. Ibu-ibu yang sedang dalam taraf pra kehamilan hingga menyusui, sebaiknya mulai mengonsumsi makanan sumber kolin, seperti telur puyuh, dalam jumlah cukup banyak. Hal tersebut penting untuk mendukung perkembangan otak janin.


 ( sumber : kompas & detik.com )



Komentar

  1. wah, banyak manfaatnya ya. mau makan telur putyuh, ah, hihihi :)

    BalasHapus
  2. kecil tapi kaya manfaat ya bu
    mantap (y)

    BalasHapus
  3. jadi binguuuuung,
    ada yang menyarankan,
    ada juga yang melarang karena kalestelornya tinggggiiiiii buanget.
    bisa diulas lagi biar plong. tks

    BalasHapus
  4. terimakasih atas artikelnya, artikelnya bagus dan sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  5. wow,, mantap bener artikelnya gan. thanks ya.. sangat bermanfaat.

    BalasHapus

Posting Komentar

Mohon tidak berkomentar yang mengandung SARA, pornoaksi, judi dan provokasi.
Terimakasih sudah berkomentar dengan baik :)

Postingan populer dari blog ini

Manfaat Air Kelapa Ijo

Aku pernah dengar dari beberapa teman tentang manfaat air kelapa hijau atau kalau dalam bahasa jawa sering disebut degan ijo. Kalau alergi atau keracunan minum degan ijo aja pasti sembuh. Tapi aku masih belum pernah mencobanya. Lalu saat anakku kulitnya merah-merah entah karena apa aku juga gak ngerti, tapi kata orang gabaken..hhmm..bhs indonesia gabaken apa yaa..?..hehe.. Ternyata bener setelah anakku minum air kelapa hijau merah-merah di kulitnya hilang lhoo...
Saat nenekku dirawat di rumah sakit dokter juga menyarankan nenekku untuk minum air kelapa hijau.
Hhmm..jadi ingin tahu tentang "air ajaib" ini.. :)


Pohon kelapa dan buahnya mempunyai sejarah panjang di Indonesia, bahkan merupakan lambang atau pengenal kepulauan Indonesia.
Bahkan dalam mitologi Hindu dan menurut Kitab Suci Weda, kelapa merupakan "pohon surgawi." Konon, Dewa Wisnu, membawa pohon kelapa sebagai sumber kesehatan, ketenangan, panjang usia, dan kedamaian.

Kelapa hijau merupakan salah satu je…

Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Tubuh

Suka sayur buncis? Sayur yang enak banget kalau ditumis dengan tahu ataupun dimasak sop ini ternyata mengandung zat yang banyak diperlukan untuk kesehatan tubuh, antara lain adalah Vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B6, B11, Vitamin C, Lemak, Protein, Kadar abu, Mangan, Molibdenum, Magnesium, Potasium, Zat besi, Fosfor, Kalsium, Tembaga, Karbohidrat, Serat kasar, dll.

Kenal Phaseolus Radiatus Linn ?

Pasti banyak yang nggak kenal ya kalau ditanya Phaseolus Radiatus, tapi kalau kacang hijau pasti tahu semua kan..^^  Yup ! Phaseolus Radiatus adalah nama latin dari kacang hijau. Bila menyebut kacang hijau yang terbayang adalah bubur kacang hijau, pia kacang hijau, onde-onde..hhmm...kesukaanku semua nih... hehehe
Tapi tahu nggak ternyata banyak manfaat dari kacang hijau untuk kesehatan kita ?

Protein Tinggi
Kacang hijau mengandung protein tinggi, sebanyak 24%. Dalam menu masyarakat sehari-hari, kacang-kacangan adalah alternatif sumber protein nabati terbaik. Secara tradisi, ibu-ibu hamil sering dianjurkan mengonsumsi kacang hijau agar bayi yang dilahirkan mempunyai rambut lebat. Pertumbuhan sel-sel tubuh termasuk sel rambut memerlukan gizi yang baik terutama protein, dan karena kacang hijau kaya akan protein maka keinginan untuk mempunyai bayi berambut tebal akan terwujud.

Kalsium  dan fosfor
Kandungan kalsium dan fosfor pada kacang hijau bermanfaat untuk memperkuat tulang.

Lemak…