Langsung ke konten utama

Vitamin C



Sering mengkonsumsi vitamin C ? tapi tahu nggak apa saja manfaatnya dan bagaimana bila dikonsumsi secara berlebih ? 


Manfaat Vitamin C ;

1. Mencegah stroke
Ada banyak bukti bahwa diet tinggi antioksidan yang kaya buah dan sayuran membantu menangkal penyakit kardiovaskular. Namun beberapa studi penting menunjukkan bahwa mereka dengan tingkat tertinggi vitamin C dalam tubuh mereka berada pada risiko terendah untuk menderita stroke (terutama pada wanita).

2. Melawan kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa beberapa wanita yang mengasup banyak vitamin C dari makanan seperti buah-buahan atau sayur (bukan suplemen), memiliki risiko lebih rendah terkena kanker payudara. Bahkan beberapa riset mengindikasikan vitamin C sebagai racun bagi sel-sel kanker tertentu.

3. Meningkatkan mood

Sejak dulu sudah diketahui bahwa kekurangan vitamin C dapat menyebabkan perubahan psikologis. Belum lama ini, peneliti dari McGill University menunjukkan bahwa pemberian suplemen vitamin C (500 mg dua kali sehari) bagi pasien rawat inap yang kekurangan vitamin C, secara signifikan membantu meningkatkan suasana hati mereka.

4. Mengobati infeksi vagina (BV)

Infeksi vagina merupakan penyebab paling umum dari keputihan dan biasanya menimbulkan bau tidak sedap, yang memengaruhi hingga 30 persen wanita hamil dan sepersepuluh wanita yang tidak hamil. Dua studi terbaru menunjukkan bahwa pemberian vitamin C tablet untuk vagina (250 mg selama enam hari) dapat mengobati bacterial vaginosis (BV) dengan cara menurunkan pH vagina dan mengembalikan ke kondisi semula.

5. Memperbaiki kulit

Vitamin C adalah antioksidan yang paling banyak dibutuhkan kulit, di mana ia membantu menetralkan radikal bebas yang menumpuk akibat paparan sinar matahari dan usia. "Pemberian vitamin C yang dikombinasi dengan bahan lain, memperbaiki beberapa tanda-tanda penuaan termasuk garis-garis halus, pigmentasi tidak merata, warna kulit dan tekstur," kata Dr Mariusz Sapijaszko, direktur medis dari Youthful Image Cosmetic Surgery Clinic dan seorang profesor dermatologi di University of Alberta.

    Vitamin C  juga sangat penting bagi pemproduksian collagen. Sedangkan collagen ini berfungsi sebagai zat perekat kulit agar senantiasa terlihat kencang. Vitamin C juga berfungsi untuk mencegah kulit menjadi kering, menjaga kulit tidak muda keriput, menjaga kekuatan rambut agar tidak mudah patah, menjaga kesehatan serta kemilau rambut, menjaga kesehatan mata dan gigi.
    Vitamin C sangat penting bagi kesehatan rambut mata serta gigi karena dapat mengurangi serta mengatasi terjadinya infeksi. Sumber alami Vitamin C ini dapat ditemukan di dalam kandungan sayuran berwarna hijau, brokoli, kubis, paprika hijau, tomat, lemon, jeruk, anggur, kiwi, stroberi.


       
    Kandungan vitamin C pada beberapa jenis sayuran:
    1. Bayam dan tekokak : 80 mg / 100 gr
    2. Daun katuk : 239 mg / 100 gr
    3. Daun kelor : 220 mg / 100 gr
    4. Dan singkong : 275 mg / 100 gr
    5. Daun talas : 163 mg / 100 gr
    6. Daun lobak : 109 mg / 100 gr
    7. Daun melinjo : 182 mg / 100 gr
    8. Daun oyong : 150 mg / 100 gr
    9. Peterseli : 193 mg / 100 gr
    10. Sawi : 102 mg / 100 gr 
     
    Buat yang terbiasa minum vitamin C 1000mg dipertimbangkan lagi ya..
    Menurut National Academy of Sciences di Amerika Serikat kebutuhan vitamin C tubuh kita antara 60 - 95 mg per hari.

    Hindari mengkonsumsi suplemen yang berlebihan karena dapat terbuang percuma dan juga membebani fungsi ginjal.
    Vitamin C tidak terbuang lewat feses, tapi lewat urin karena sifat vitamin C yang larut dalam air (bukan lemak).

    Kelebihan nutrisi larut-air dibuang dengan terlebih dulu melewati ginjal. Dosis besar-besaran vitamin C yang kita minum akan membebani kerja penyaringan ginjal.
    Akibat beban berlebih, suatu saat laju pengeluaran dari ginjal dapat kalah dari laju masuknya sisa vitamin C yang kita minum. Dan ini dinamakan akumulasi/penumpukan kristal.

    Beban yang berlebih berarti kerja yang berlebih pula untuk organ. Apabila (misalnya) ginjal digeber terus-terusan dengan kelebihan berbagai senyawa larut air (terutama yang dapat mengkristal seperti asam oksalat), betapa kasihannya. Kemampuan kerja organ tentu terbatas. Bila beban melebihi kapasitas kerjanya, yang terjadi adalah akumulasi/penumpukan. Bila terjadi terus menerus maka ginjal akan rusak.

    Jadi? Lebih baik tidak lebih juga. Lebih sedikit mungkin tidak apa-apa, tapi kalau 1000 mg per hari rasanya terlalu berlebihan, apalagi kalau dalam sekali minum.

    semoga bermanfaat ya..


    ( sumber manfaat vitamin c & dibalik 100mg vitamin c)








    Komentar

    Pos populer dari blog ini

    Manfaat Air Kelapa Ijo

    Aku pernah dengar dari beberapa teman tentang manfaat air kelapa hijau atau kalau dalam bahasa jawa sering disebut degan ijo. Kalau alergi atau keracunan minum degan ijo aja pasti sembuh. Tapi aku masih belum pernah mencobanya. Lalu saat anakku kulitnya merah-merah entah karena apa aku juga gak ngerti, tapi kata orang gabaken..hhmm..bhs indonesia gabaken apa yaa..?..hehe.. Ternyata bener setelah anakku minum air kelapa hijau merah-merah di kulitnya hilang lhoo...
    Saat nenekku dirawat di rumah sakit dokter juga menyarankan nenekku untuk minum air kelapa hijau.
    Hhmm..jadi ingin tahu tentang "air ajaib" ini.. :)


    Pohon kelapa dan buahnya mempunyai sejarah panjang di Indonesia, bahkan merupakan lambang atau pengenal kepulauan Indonesia.
    Bahkan dalam mitologi Hindu dan menurut Kitab Suci Weda, kelapa merupakan "pohon surgawi." Konon, Dewa Wisnu, membawa pohon kelapa sebagai sumber kesehatan, ketenangan, panjang usia, dan kedamaian.

    Kelapa hijau merupakan salah satu je…

    Manfaat Buncis Untuk Kesehatan Tubuh

    Suka sayur buncis? Sayur yang enak banget kalau ditumis dengan tahu ataupun dimasak sop ini ternyata mengandung zat yang banyak diperlukan untuk kesehatan tubuh, antara lain adalah Vitamin A, Vitamin B1, B2, B3, B6, B11, Vitamin C, Lemak, Protein, Kadar abu, Mangan, Molibdenum, Magnesium, Potasium, Zat besi, Fosfor, Kalsium, Tembaga, Karbohidrat, Serat kasar, dll.

    Manfaat Buah Kersen

    Pohon kersen mempunyai buah berwarna merah  saat matang, dengan diameter sekitar 1,5 cm. Daging buah kersen halus dan memiliki rasa manis. Dan meski telah lama dikenal sebagai pohon yang bisa tumbuh liar di mana saja, kersen rupanya menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. .

    1. Antibakteri
    Menurut beberapa penelitian, kersen memiliki sifat antibakteri yang sebanding dengan antibiotik standar yang biasa digunakan dalam dunia medis. Para peneliti juga menemukan adanya senyawa antibakteri yang kuat dalam buah kersen.